Faktor Penyebab Terjadinya Kekerasan Seksual


Bicara Kekerasan Seksual tentu melibatkan banyak faktor risiko. Bahkan, seseorang bisa menjadi korban ataupun pelaku tindakan yang tak sepatutnya terjadi ini.

Hal tersebut disampaikan oleh dr. Gina Anindyajati, SpKJ Divisi Psikiatri Komunitas, Rehabilitasi, & Trauma Psikososial saat pemaparannya dalam acara seminar 'Waspada Kekerasan Seksual di Sekitar, Dalam Tinjauan Medis', di Gedung IMERI FKUI, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

"Bukan hanya orang per orang, tetapi bisa melibatkan keluarga, komunitas, media dan budaya. Kita semua punya peran dalam Kekerasan Seksual," katanya kepada AkuratIntim.

Menurut Dokter Gina, setiap orang memiliki cara untuk menyelesaikan masalah yang berbeda. Semakin terekspos role model yang kasar, maka semakin tinggi kemungkinannya menjadi pelaku.

"Individu itu berisiko menjadi korban dan pelaku. Ketika sudah terekspos role model yang kasar, maka semakin tinggi akan terjadi Kekerasan Seksual," lanjutnya.

Hal ini juga berkaitan dengan tingkat kemiskinan dalam keluarga, yang memiliki peluang besar menjadi pelaku tindakan Kekerasan Seksual.

"Tetapi, tidak menutup kemungkinan orang yang memiliki banyak uang itu bisa terjadi. Bisa saja karena sibuk dan ada masalah. Intinya relasi yang memang tidak baik," paparnya.

Faktor komunitas juga bisa menjadi pemicu. Hal tersebut sangat tergantung pada contoh perilaku. Media pun memiliki peran penting, terutama dalam memberikan pengetahuan terhadap masyarakat luas.

"Laki-laki itu selalu lebih tinggi dari perempuan di dalam keluarga. Kekerasan Seksual memungkinkan akan terjadi karena itu" tandasnya.

No comments for "Faktor Penyebab Terjadinya Kekerasan Seksual"