Asuransi Allianz: Mengulas Fakta dan Hal-hal Mengenai Polis Asuransi


Asuransi merupakan bentuk dari kesepakatan antara dua pihak yang memberikan jaminan terhadap hal yang telah dijanjikan. Adanya perlindungan ini untuk menanggung masalah finansial yang dihadapi oleh tertanggung. Perlindungan kerugian diberikan jika terdapat kerugian maupun kerusakan terhadap penurunan kegunaan dan perlindungan jiwa yang digunakan untuk melindungi keluarga dari tertanggung jika nasabah meninggal dunia sebagai sumber nafkah utama. Manfaat perlindungan tidak hanya untuk proteksi tetapi menjamin masa depan keluarga dengan kecukupan finansial yang dijamin oleh asuransi Allianz.

Berikut adalah beberapa fakta asuransi diantaranya:
  • Tujuan utama adanya perlindungan adalah untuk proteksi bukan investasi walaupun saat ini terdapat perlindungan unitlink dengan fitur manager investasi profesional namun tujuan utamanya tetap perlindungan karena cukup banyak yang mengalami patah hati karena perlindungan unitlink.
  • Investasi dalam perlindungan unitlink merupakan investasi untuk jangka panjang diatas 10 tahun, dari tahun pertama hingga 5 tahun uang premi digunakan dalam membayar biaya pemeliharaan dan jumlah akan meningkat dan akhirnya investasi sepenuhnya berjalan pada tahun ke 6 dan selanjutnya.
  • Tahun pertama pembelian perlindungan digunakan untuk biaya pemeliharaan diantaranya untuk komisi agen perlindungan dan uang akuisisi.

Selain itu, jumlah nilai pada polis proposal perlindungan hanya perkiraan bukan jaminan dan hal ini yang membuat banyak nasabah tertarik dengan perlindungan unitlink. Angka pada nilai polis hanya disesuaikan pada estimasi pertumbuhan investasi setiap tahunnya. Kinerja investasi unitlink pada tahun 2013 hingga 2017 adalah 8% setiap tahunnya dan jika dibandingkan proyeksi pertumbuhannya sedikit dengan kategori sedang dibawah 10% setiap tahunnya. Fakta lain terkait perlindungan adalah jika ingin berencana membeli asuransi maka hal yang penting diputuskan adalah jumlah uang pertanggungan.

Berikut adalah beberapa hal tentang polis asuransi Allianz diantaranya:
  • Terdapat hak dalam mempelajari polis atau disebut sebagai cooling off period selama 14 hari semenjak tanggal penerbitan dan periode tersebut membuat nasabah dapat membatalkan polis tanpa adanya denda dan pengembalian uang premi.
  • Polis merupakan dokumen legal sehingga nasabah harus memperhatikan data tertanggung dengan tepat, hal ini digunakan ketika terjadi musibah dan melakukan klaim.
  • Perhatikan manfaat perlindungan, dengan memperhatikan besarnya uang pertanggungan sebagai perlindungan jiwa, masa pertanggungan, jatah kamar rawat yang digunakan untuk perlindungan kesehatan, manfaat perlindungan tambahan dan cara melakukan klaim hingga batas pengajuan klaim setelah terjadi musibah.

Selain itu, terkait polis perlindungan perlu mengetahui ketentuan premi menyangkut hal jumlah premi yang akan dibayarkan dengan periode pembayaran dan cara pembayaran tertentu, ketentuan apabila premi terlambat dibayarkan dan pemulihan polis yang lapse. Perhatikan juga ketentuan pengecualian seperti perlindungan jiwa tidak akan menanggung nasabah jika meninggal karena bunuh diri atau eksekusi mati. Perlindungan kecelakaan yang tidak menanggung nasabah apabila berada dalam perang darurat dan untuk perlindungan kesehatan memiliki periode eliminasi dimana nasabah tidak dapat mengajukan klaim.

Dalam polis terdapat potongan biaya karena hal ini menyebabkan berkurangnya manfaat yang diperoleh nasabah. Untuk asuransi Allianz unitlink maka perlu memahami biaya pemeliharaan yang dikenakan untuk perusahaan perlindungan dan komisi agen. Terdapat biaya pertanggungan dasar yang dihitung sesuai dengan jenis kelamin, usia dan uang pertanggungan serta dipotong per bulan dari unit dalam nilai polis. Selain itu, biaya perubahan alokasi dana investasi, dana administrasi dan biaya pengelolaan dana setiap tahun yang dihitung berdasarkan presentase dana pengelolaan investasi.

No comments for "Asuransi Allianz: Mengulas Fakta dan Hal-hal Mengenai Polis Asuransi"