4 Alasan Utama Aplikasi Penggajian Anda Perlu Berganti ke Sistem cloud-based


Ketika gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai tanggal 14 September 2020, otomatis semua kegiatan perkantoran akan ditiadakan. 

Hal ini akan berdampak secara signifikan terhadap kegiatan operasional, terutama untuk administrasi bidang Human Resource (HR). Kegiatan perkantoran yang ditiadakan berarti HR harus kembali beradaptasi dengan pelaksanaan kegiatan administrasi yang harus dilakukan dari rumah.

Hal teknis seperti menghitung gaji, menyetujui cuti, dan lainnya tidak bisa lagi dilakukan dengan sistem lama seperti menggunakan software in-house atau infrastruktur kantor, apalagi dengan meminta persetujuan menggunakan banyak dokumen.

Perhitungan dan pemberian gaji adalah hal yang krusial bagi perusahaan, terlebih mengingat kondisi seperti saat ini. Pertanyaannya, apakah aplikasi penggajian karyawan Anda sudah siap untuk menyeimbangi gaya bekerja yang akan beroperasi total di luar kantor?

Berikut adalah 4 alasan utama mengapa aplikasi penggajian Anda yang sebelumnya harus digantikan dengan sistem yang berbasis cloud.

1. Hasil Perhitungan yang Lebih Akurat

Untuk permasalahan gaji atau payroll, tentunya keakuratan menjadi hal yang penting dalam penerapannya. Kekeliruan seperti kesalahan penghitungan karena data karyawan yang tidak cocok atau tertukar adalah salah satu risiko yang bisa dialami oleh HR yang masih menggunakan sistem payroll manual seperti Excel.

Dengan penggunaan aplikasi penggajian yang beroperasi dengan sistem berbasis cloud, kekeliruan tersebut dapat dihindari. Sistem berbasis cloud menjamin keakuratan penghitungan dengan penyimpanan data yang terpusat. Integrasi di antara database karyawan dengan penghitungan seluruh komponen gaji menjamin hasil penghitungan yang lebih cepat dan akurat. 

2. Tidak bergantung dengan infrastruktur perusahaan

Aplikasi penggajian yang berbasis cloud memungkinkan jalannya penghitungan gaji dari manapun dan kapanpun. Hal ini dibantu dengan otomatisasi aplikasinya yang diseimbangi dengan fitur-fitur yang terintegrasi.

Dengan situasi saat ini, keunggulan sistem berbasis cloud akan sangat dibutuhkan untuk mendukung fleksibilitas pekerjaan. HR tidak perlu lagi harus ke kantor terlebih dulu hanya untuk sekadar menghitung payroll. Aplikasi penggajian berbasis cloud dapat diakses melalui web bahkan ketika bekerja dari rumah, sehingga tidak banyak waktu yang terbuang.

3. Menjaga keamanan data perusahaan

Menurut survei Deloitte, 58% IT leaders dan executives menyatakan bahwa keamanan serta perlindungan data adalah salah satu alasan utama yang mendorong mereka untuk bermigrasi ke teknologi berbasis cloud.

Setiap perusahaan memiliki data sensitif yang keamanannya harus dijaga dengan baik. Dengan penggunaan aplikasi penggajian berbasis cloud hal ini bisa dicapai secara efisien. Akses terpusat yang dibatasi hanya untuk internal perusahaan menjamin keamanan database seperti nomor identitas karyawan hingga nomor rekening bank.

4. Peningkatan retensi karyawan

Aplikasi penggajian berbasis cloud memberikan fitur-fitur lain seperti penarikan slip gaji otomatis hingga pengajuan reimbursement yang bisa dilakukan sendiri oleh karyawan. Keunggulan fitur employee self-service ini memberikan fleksibilitas untuk karyawan serta transparansi dalam penerimaan gaji yang bisa mengarah ke peningkatan retensi di perusahaan.

Faktanya, sebanyak 40% HR menyatakan bahwa pengadopsian teknologi cloud ke dalam perusahaan telah meningkatkan employee experience secara signifikan, dengan 34% lainnya mengatakan teknologi cloud juga membantu menarik top talent ke dalam perusahaan.

Pada dasarnya, aplikasi penggajian yang sebelumnya sudah tidak cocok lagi digunakan dalam situasi saat ini. Fleksibilitas tinggi dibutuhkan agar kegiatan bisnis tetap berjalan dengan lancar.

Di Talenta, kami memahami bahwa transisi ke aplikasi penggajian berbasis cloud akan membantu operasional bisnis Anda secara signifikan. Talenta dapat memangkas beban kerja tim HR hingga 50%, selain itu juga meningkatkan akurasi penghitungan, mempermudah proses pajak, hingga memberikan aksesibilitas ke sistem payroll secara real-time.

Beralih ke cloud segera. Pelajari lebih lanjut: coba demo gratis Talenta sekarang.

No comments for " 4 Alasan Utama Aplikasi Penggajian Anda Perlu Berganti ke Sistem cloud-based"