Waspadai Bahaya Duduk Terlalu Lama. Ikuti kata Dokter SehatQ.com Berikut


Coba kamu hitung, dalam sehari berapa lama kamu duduk. Seharian di depan TV, mengerjakan tugas di depan komputer, duduk di kendaraan sampai nongkrong di cafe atau restaurant. Menurut dokter dan berbagai penelitian, duduk terlalu lama bisa berbahaya loh. Dan bukan hanya karyawan kantoran yang harus mewaspadainya, masyarakat umum juga rentan dengan berbagai penyakit disebabkan duduk dalam jangka waktu yang lama.

Apa Bahaya Duduk Terlalu Lama Secara Medis?

Otot dan sendi mu kurang bergerak, hal ini disebabkan karena metabolisme yang terhambat karena duduk terlalu lama. Hal ini berdampak pada menurunnya kinerja tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit. Sebut saja kadar gula darah, tekanan darah, prosesi lemak dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa akibat yang harus diwaspadai bila kamu terlalu sering duduk berlama-lamaan.

1. Nyeri otot

Duduk terlalu lama menyebabkan otot bekerja lebih berat sehingga menyebabkan rasa nyeri dan pegal. Hal ini umumnya terjadi pada punggung, pinggul, dan bahu. Ada banyak olahraga yang dapat kamu lakukan sambil duduk untuk mencegah hal tersebut terjadi. Dapatkan info kesehatan yang tepat dengan berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukannya.

2. Sakit pinggang

Duduk terlalu lama dalam posisi yang sama memberikan tekanan berlebih pada tulang belakang. Oleh karena itu kamu sering merasakan sakit di bagian pinggang. Jangan abaikan rasa sakit yang timbul karena beresiko mengarah ke penyakit yang lebih serius. Duduk terlalu lama menyebabkan sakit pinggang yang berpotensi berkembang ke berbagai penyakit seperti ambeien atau hernia.

3. Masalah Perut

Masalah berat badan dan perut buncit kerap diasosiasikan dengan kebiasaan duduk. Hal ini disebabkan karena produksi lipoprotein lipase untuk mengolah lemak dan gula pada tubuh jadi terhambat. Lemak pada tubuhmu jadi menumpuk dan membahayakan. Karena selain masalah berat badan, kondisi ini dapat mengarah ke berbagai penyakit seperti serangan jantung atau stroke.

4. Osteoporosis

Duduk terlalu lama menyebabkan Osteoporosis atau lebih dikenal sebagai masalah tulang. Olahraga dapat menguatkan dan memadatkan otot tulang. Selain itu mengkonsumsi susu yang berkalsium tinggi juga dapat berkontribusi memerangi Osteoporosis. Dapatkan info kesehatan seputar pemadatan tulang untuk memerangi penyakit ini dari sumber terpercaya dan berpengalaman.

5. Diabetes

Kamu juga dapat terkena diabetes karena duduk terlalu lama. Sensitivitas sel pada insulin berkurang dan penyerapan gula darah yang menjadikannya sebagai energi jadi terganggu. Kondisi ini tersebut rentan menyebabkan stroke, penyakit jantung dan tentu diabetes tipe 2.

6. Masalah Kaki

Berawal dari kesemutan yang sesekali terjadi. Kondisi dimana kaki terasa kaku dan linu ini dapat dengan mudah berkembang menjadi lebih serius. Terlebih lagi bila kaki menopang tubuh dengan memakai sepatu hak tinggi, varises dan berbagai penyakit kaki dapat mendekatimu.

7. Kanker

Meski perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Berbagai info kesehatan tentang kanker, terutama kanker usus dan kanker kandung kemih sering dikaitkan dengan kebiasaan duduk lama. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter atau bertanya pada website SehatQ.com yang memiliki artikel, dokter, forum diskusi membahas mengenai berbagai masalah kesehatan. Semakin cepat kamu bertanya makan akan semakin besar kemungkinannya mencegah berbagai peyakit serius.

Jadi, duduk terlalu lama memiliki banyak resiko penyakit mulai dari yang ringan sampai yang mengkhawatirkan. Jangan anggap sepele kebiasaan ini dan dapatkan informasi yang tepat dan terpecaya. Kamu dapat mengunduh SehatQ.com dan browsing mengenai berbagai rekomendasi obat, dokter berpengalaman dan kebutuhkan lainnya yang berkaitan dengan kesehatan.

No comments for "Waspadai Bahaya Duduk Terlalu Lama. Ikuti kata Dokter SehatQ.com Berikut"