Tata Cara Penulisan Artikel dengan Baik dan Benar bagi Pemula


Dengan mengetahui tata cara penulisan artikel, maka penulis dapat membuat artikel dengan pembahasan lebih menarik dan pastinya memikat para pembaca. Saat ini Anda bisa dengan mudahnya membuat artikel, dengan pembahasan apapun. 

Bahkan jika Anda memang memiliki kemampuan dalam membuat artikel, maka penulis dapat menghasilkan pendapatan dari pekerjaan tersebut. Saat ini menjadi penulis lepas bisa mendapat pendapatan, pekerjaan ini bisa dibilang sebagai freelance, karena tidak terikat kontrak kerja.

Cukup banyak perusahaan yang mengandalkan jasa penulis artikel bergaransi, untuk membuat tulisan seputar produk atau jasa yang mereka perjualkan. Namun untuk menjadi penulis, Anda perlu memahami bagaimana cara menulis artikel dengan baik dan benar.

Dalam membuat artikel, biasanya kita akan mencari referensi terlebih dahulu. Biasanya jika kita terlalu mengikuti olahan kata yang ada di referensi tersebut, maka besar kemungkinan artikel yang kita tulis akan terdeteksi plagiat, maka itulah Anda tidak bisa menulis sembarangan.

Tata Cara Penulisan Artikel agar Terlihat Menarik

Untuk menjadi seorang penulis lepas professional, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu, apa saja tahapan dalam menulis artikel dengan baik dan benar, dan hal terpenting agar tulisan Anda dapat terhindar dari plagiarisme.

1. Mencari Topik atau Tema Menarik 

Hal pertama untuk dilakukan dalam menulis adalah, menentukan topik atau tema menarik. Penulis bisa mencari topik seperti apa yang sedang hangat diperbincangkan, atau mencari keyword atau kata kunci paling dicari pada Google.

Biasanya jika Anda memasukkan kata kunci pada tulisan, maka tulisan yang telah dibuat berpeluang besar untuk ditemukan oleh para audience. Tentunya hal itu bisa membuat website Anda memiliki banyak pengunjung, serta meningkatkan web traffic. 

2. Mengumpulkan Referensi

Dalam membuat artikel, biasanya kita membutuhkan referensi agar memiliki gambaran. Temukan referensi terpercaya sesuai dengan topik yang penulis tentukan, penulis bisa menemukannya melalui internet, buku atau berita.

Jika konsumen menggunakan jasa penulis artikel bergaransi, pastinya tulisan tersebut bebas dari plagiarisme. Maka dari itu ketika penulis menemukan bahan-bahan tulisan, usahakan untuk mengembangkan kembali tulisan yang telah ada, jangan sampai kata per kata sama. 

3. Membuat Judul Menarik

Hal pertama yang akan dilihat oleh pembaca adalah judul, apabila judul tulisan yang Anda buat cukup menarik, pasti pembaca akan lebih semangat untuk membacanya. Carilah judul yang dapat memikat pembaca, dan membuatnya penasaran untuk membacanya.

Pada umumnya judul terdiri dari subjek, objek dan predikat, namun jika Anda mengikuti aturan tersebut, maka judul pada tulisan akan terlalu panjang. Dan biasanya pembaca lebih tertarik, jika judul langsung to the point dan tidak bertele-tele.

4. Mengolah Tulisan

Setelah membuat judul menarik, penulis perlu membuat kalimat pembuka menarik. Bisa dibilang kalimat pembuka merupakan penentu, apakah pembaca akan meneruskan untuk membaca tulisan Anda atau tidak.

Seperti halnya ketika konsumen menggunakan jasa penulis artikel bergaransi, klien bisa meminta kepada penulis, agar kalimat pembuka dibuat semenarik mungkin, atau terselipkan pertanyaan, agar pembaca merasa penasaran.

5. Menambahkan Foto Menarik

Jangan lupa untuk menambahkan foto atau gambar menarik, sesuai dengan tema dari tulisan tersebut. Dengan hadirnya gambar pada tulisan, konsep yang ingin penulis sampaikan pada tulisan akan tergambar jelas, selain itu pembaca akan lebih tertarik.

Selain itu beberapa orang akan cepat merasa jenuh, jika terus menerus membaca tulisan. Namun dengan hadirnya sebuah gambar atau visual, mereka dapat melihat sesuatu yang berwarna. Jika Anda mencari gambar secara bebas dari Google, jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya.  

6. Baca Kembali dan Perbaiki

Ketika konsumen memanfaatkan kemampuan penulis artikel, dapat dipastikan bahwa artikel tersebut terbebas dari typo atau kosa kata yang salah. Sebagai penulis, Anda harus memperhatikan bahwa tulisan tersebut terbebas dari kesalahan penggunaan kata atau typo.

Baca kembali tulisan yang telah dibuat, apakah terdapat penggunaan kata yang kurang sesuai atau tidak. Selain itu jangan sampai konsumen menemukan kesalahan penulisan, pada tulisan anda. Tulisan yang Anda upload harus sempurna, agar pembaca nyaman saat membacanya.

Jika Anda berminat untuk menggunakan jasa penulis artikel bergaransi, maka kami dapat merekomendasikan SahabatArtikel sebagai penyedia jasa tersebut. Klien dapat meminta berbagai tema artikel, yang nantinya akan dibuat semenarik mungkin.

Dengan Anda mengetahui tata cara penulisan artikel, merupakan nilai tambah ketika Anda memilih untuk menjadi seorang penulis artikel. 

No comments for "Tata Cara Penulisan Artikel dengan Baik dan Benar bagi Pemula"