Jangan Malas! Ini Risiko Jika Jarang Ganti Sprei


Kapan terakhir Anda mengganti sprei? Meski terkesan sepele, namun Anda harus tetap wajib memperhatikan kebersihan peranti tempat tidur tersebut.

Aktivitas mengganti dan mencuci sprei sangat penting untuk memastikan kamar Anda tetap higienis. Apabila tidak, bisa memicu banyak risiko, termasuk terkena penyakit. 

Berikut ulasan tentang risiko yang bisa saja terjadi jika Anda jarang mengganti dan mencuci penutup kasur.

Memicu Bakteri

Saat tidur, Anda akan tetap memproduksi keringat. Keringat yang Anda hasilkan secara otomatis akan tetap tertinggal di kain penutup kasur.

Apabila Anda membiarkannya, keringat yang menempel tersebut akan memicu kemunculan bakteri. Anda harus mengetahui waktu ideal ganti sprei.

Selain itu, sel-sel mati hasil dari pergantian kulit juga menjadi masalah tersendiri. Apabila menumpuk, maka akan menjadi kuman baru.

Kebiasaan makan di tempat tidur juga bisa menjadi masalah. Remahan makanan membuat penutup kasur Anda kotor dan rentan jadi sarang bakteri atau mengundang kedatangan semut.

Kehadiran Kutu Busuk

Anda wajib mengetahui kapan minimal ganti sprei untuk memastikan kutu busuk tak mampir ke tempat tidur. Sebab, kutu busuk akan senang berkembang biak di dalam kain penutup kasur yang kotor.

Hewan ini juga sulit Anda melihatnya secara mata telanjang. Cuci sprei Anda dengan air panas hingga 60 derajat celcius agar kutu busuk mati.

Bau Tak Sedap

Anda harus tahu kapan ganti sprei. Setidaknya, lakukan dalam waktu satu atau dua minggu sekali. Namun, bisa lebih cepat apabila sudah dalam kondisi kotor.

Selain untuk memastikan tetap bersih, juga agar sprei wangi dan nyaman sebagai alas tempat tidur. Anda tentu tak ingin tidur di atas alas dengan bau tidak sedap, bukan?

Picu Berbagai Penyakit

Risiko yang mengintai jika Anda tak segera mengganti sprei kotor adalah terinfeksi kuman atau penyakit. 

Tungau adalah hewan yang gemar mencari bekas kulit mati. Apabila Anda membiarkan sprei tetap kotor, tungau bisa menjadi masalah.

Tungau dapat menyebabkan gatal. Bagi Anda yang memiliki alergi kulit, tentu kehadiran Tungau membuat Anda semakin tidak nyaman

Risiko berikutnya adalah jerawat. Jangan salah, sebab jerawat tidak hanya dipicu karena Anda malas cuci muka. 

Sprei yang kotor juga bisa menjadi pemicu gangguan kebersihan wajah.

Kemudian, yang cukup berbahaya adalah risiko gangguan pernapasan. Debu yang menempel di alas tempat tidur berpotensi untuk terhirup. 

Lewat fakta di atas, masihkah Anda malas untuk mengganti sprei? Pastikan Anda rutin mengganti dan membersihkan alas tempat tidur, ya.

No comments for "Jangan Malas! Ini Risiko Jika Jarang Ganti Sprei"